Sabtu, 03 Maret 2012

peradaban asia afrika kuno


A.    PERADABAN  LEMBAH  SUNGAI  SHINDU  SUNGAI  GANGGA

1.      Keadaan geografis
Daerah India merupakan suatu jazirah benua Asia yang disebut dengan nama anak benua. Disebelah utara daerah India terbentang pegunungan Himalaya yang menjadi pemisah antara India dan daerah-daerah lain di Asia. Antara pegunungan Himalaya dan Hindu Kush terdapat celah kaiber (kaybar pass).Di tengah-tengah daerah India terdapat pegunungan Windya.
2.      Peradaban Lembah Sungai Shindu (Indus)
a). Pusat Peradaban
Kota Mahenjo-Daro diperkirakan sebagai ibu kota daerah lembah Sungai Shindu, sedangkan yang bagian utara adalah kota Harappa. Mahenjo-Daro dan Harappa merupakan pusat peradaban bangsa India pada masa lampau.
       b). Tata Kota
Pembangunan kota Mahenjo-Daro dan Harappa merupakan perencanaan tata kota yang pasti dan teratur baik.
Wilayah  kota dibagi atas beberapa blok. Tiap-tiap blok dibagi oleh lorong-lorong yang satu  sama lainnya saling berpotongan dan disitulah penduduk membangun rumah dan juga dibangun gedung-gedung pemerintahan.
             c). Sanitasi (Kesehatan)
Teknik-teknikatau cara-cara pembangunan rumah yang telah memperhatikan faktor-faktor kesehatan kebersihan lingkungan seperti kamar-kamar dilengkapi dengan jendela-         jendela yang lebar dan berhubungan langsung dengan udara bebas.
       d). Sistem Pertanian Dan Perairan
Daerah-daerah yang berada di seapanjang lembah Sungai Shindu merupakan daerah-daerah yang subur                                 
dan mengusahakan pertanian sebagai mata pencahariannya. Mereka telah berhasil menyalurkan air sampai ke daerah  pedalaman dan ini menunjukan bahwa masyarakat lembah sungai Shindu telah memiliki tingkat peradaban yang tinggi.


                   e). Teknologi
Mereka telah mampu membuat barang-barang terbuat dari emas dan perak,alat-alat rumah tangga, dll. Kemampuan ini diketahui melalui peninggalan –peninggalan budaya seperti bangunan kota Mahenjo-Daro dan Harappa, patung, dll. Juga ditemukan alat-alat peperangan dan alat-alat peninggalan buadaya.
                   f). Perekonomian
Masyarakat lembah Sungai Shindu sudah berhubungan dagang dengan Sumeria di Mesopotamia.
Kota Sutkagedon merupakan kota perbatasan yang terletak di Balukhistan dan menjadi peranan penting       dalam perdagangan antara masyarakat lembah Sungai Shindu dan Sumeria. Ada dua cara perdagangan yang dilaksanakan Sumeria melalui Sutkagedon yaitu: dengan jalan laut dan jalan darat.
                   g). Pemerintah
Candragupta maurya   ia adalah raja pertama Kerajaan Maurya.Pada masa pemerintahannya, daerahnya  diperluas dan dalam waktu yang singkat, wilayahnya sampai kedaerah Kashmir di sebelah barat dan lembah Sungai Gangga disebelah timur.
Ashoka  ia adalah cucu Candragupta Maurya dan pada masa pemerintahannya mengalami masa yang gemilang karena Kalingga dan Dekkan berhasil dikuasai sehingga Ashoka menciptakan perdamaian dan kebahagiaan umat manusia karena terlalu banyak korban bencana perang. Setelah Ashoka meninggal, kerajaannya terpecah belah dan akhirnya pada abad ke-4 muncul seorang raja yang berhasil mempersatukan kerajaan yang terpecah belah itu.Maka berdirilah kerajaan Gupta dengan Candra gupta I sebagai raja.
                   h). Kepercayaan
Kepercayaan masyarakat lembah Sungai Shindu bersifat polytheisme (memuja banyak dewa).Dewa                                                             yang disembah seperti dewa bertanduk besar, dewi ibu, juga menyembah binatang-binatang, dan menyembah pohon.


                   i). Peninggalan Kebudayaan
Dari hasil penggalian di kota Harappa ditemukan beberapa arca yang masih sempurna benttuknya dan dua buah torso (arca yang telah hilang kepalanya).
Arca     telah ditemukan arca seorang pendeta berjanggut di kota Mahenjo-Daro. Dan arca berbentuk gadis penari yang terbuat dari perunggu.
Alat-alat rumah tangga dan senjata  Masyarakat telah mengenal teknik perundagian, tapi itu tidak dikenal oleh setiap orang sehingga untuk mendapatkan benda-benda tersebut muncul sistem perekonommian.
3. Peradaban Lembah Sungai Gangga
a). Pusat Peradaban
              Lembah Sungai Gangga terletak antara Pegunungan Himalaya dan Windya-Kednadan bermata air              di Pegunungan Himalaya. Pendukung peradaban Lembah Sungai Gangga adalah bangsa aria yang termasuk             bangsa Indo German.Kebudayaan Lembah Sungai Gangga adalah campuran (Hindu) dari bangsa Aria           dan Dravida. Peradaban Lembah Sungai Gangga meninggalkan jejak penting dalam sejarah manusia                       yaittu munculnya dua agama antara lain adalah Hindu dan Buddha.
b). Pemerintahan
perkembangan sistem pemerintahan di lembah Sungai Gangga merupakan kelanjutan dari sistem pemerintahan masyarakat di daerah lembah Sungai Shindu.Dalam keadaan ini baru dapat diamankan kembali setelah munculnya kerajaan Gupta.
        Kerajaan Gupta          Kerajaan ini didirikan oleh Raja Candragupta I (320-330 M) berpusat di lembah Sungai Gangga dan agama Hindu sebagai agama negara. Kerajaan Gupta mencapai masa gemilang ketika Raja Samudra Gupta (cucu        Candragupta I) berkuasa dan beribukota di kota Ayudhia. Raja Samudragupta diganti oleh anaknya yang bernama Candragupta II yang terkenal sebagai Wikramaditiya.Di bawah pemerintahan Candragupta II kehidupan rakyatnya makmur dan sejahtera.
Kerajaan Harsha   Kerajaan ini beribu kota di Kanay.salah seorang rajanya yaitu Harshawardhana,adalah seorang pujangga besar (Bana) dengan buku karangannya berjudul Harshacarita. Setelah masa pemerintahan Raja Harshawardana hingga abad ke-11 M tidak pernah diketahui adanya raja-raja yang berkuasa.India mengalami masa kegelapan.
                    c). Bentuk Kebudayaan Lembah Sungai Gangga
Perkembangan kebudayaan masyarakat Lembah Sungai Gangga mengalami bannyak kemajuan pada bidang kesenian. Daerah-daerah yang diduduki oleh bangsa Indo-Arya sering disebut dengan Arya Varta (Negeri Bangsa Arya) atau Hindustan (tanah milik bangsa Hindu).
                       
B.PERADABAN LEMBAH SUNGAI KUNING(HWANG-HO)
Sejarah tertua di cina dimulai dari muara sungai kuning(hwang ho,sekarang bernama huang hei)
a.Letak geografis
Sungai kuning bersumber di daerah pegunungan kwen lun di tibet dan bermuara di teluk tsii-li di laut kuning.sedang diselatan mengalir sungai yang tse kiang
b.Pertanian
Di hilir sungai ini terdapat dataran rendah cina yang subur . di daerah tersebut masyarakat cina bercocok tanam.pertanian cina kuno sudah dikenal sekitar tahun 5000 sm.pada dinasti chin pertanian mengalami kemajuan
c.aksara dan Bahasa
masyarakat cina sudah mengenal tulisan yaitu tulisan gambar.karna bahasa yang digunakaN  masyarakat cina di berbagai wilayah berbeda,sehingga pada permulaan abad ke 20 dikembangkan pemakaian bahasa persatuan, yaitu bahasa kuo-yu
d.pemerintahan
ada 2 macam sistim pemerintahan yang pernah dianut cina kuno
feodal :dalam sistim ini,kaisar tidak menangani langsung urusan negara
unitaris:dalam sistim ini,kaisar berkuasa mutlak dalam memerintah
e.filsafat
filsafat cina berkembang saat masa pemerintahan dinasti chou.pada masa itu lahir 3 ahli filsafat cina yaitu lao tse, kong fu tse,meng tse 
f.kebudayaan
masyarakat cina kuno  telah mengenal tulisan sejak tahun 1500 sm.pada awalnya huruf cina dibuat sederhana,1 lambang menunjukan satu pengertian
seni bangunan cina kuno lebih dipusatkan pada bangunan kuil dan istana dan 1 karya seni bangunan cina yang mengagumkan yaitu tembok cina
berkembangnya seni lukisan yang sering menghiasi si dinding istana dan kuil dan ciri  khas dari hasil karya masyarakat cina adalah seni keramik                                     
g.kepercayaan
mereka memuja dan menganggap dewa-deewa memiliki kekuatan alam .dewa-dewa yang menerima pemujaan tinggi feng pa(dewa angin)lei shih(dewa angin taufan)thai san(dewa penguasa bukit suci)                                                                                        

C.PERADABAN LEMBAH SUNGAI EUFRAT DAN TIGRIS(Mesopotamia)
1.Letak geografis
Daerah lembah sungai Eurafat dan Tigris lbih dikenal dengan nama daerah mesopotamia, mesopotamia berarti daerah yang terletak di antara dua aliran sungai yakni Eufrat dan tigris. Daerah daerah yang terletak di sepanjang aliran sungai eufrat dan tigris itu merupakan daerah yang sangat subur, di luar daerah subaur itu terbaentang daerah daerah gurun antara lain yaitu gurun nafud dan gurun hamid.Pada masa lampau,Teluk Persia lebih menjorok ke dalam sehingga kota tua seperti kota uruk,Larsam dan Lagash kota kota ini terkenal dalam kegiatan perdagangan pada masa lampau
2.Penduduk dan Masyarakat
Daerah daerah sekitar daerah Mesopotamia didiami oleh bangsa bangsa yang termasuk rumpun bangsa semit,Kehidupannya masih bersifat semi nomadik,mereka hidup dari hasil beternak dan berdagang namun setelah mereka mendapat tanah tanah subur mereka mulai hidup dari hasil pertanian .Daerah mesopotamia memiliki potensi yang sangat besar dalam perdagangan
Sekitar tahun 300SM daerah mesopotomia didiami oleh bangsa Sumeria. Orang-orang Mesopotamia lebih banyak bertempat tinggal pada kota-kota besar dan juga pada ibukotanya yang bernama Uruk(Ur)kota-kota bangsa sumeria menyerupai kota-kota kuno di india seperti mohenjodaro dan Harappa
3.Pertanian dan Pengairan
Pada musim hujan dari bulan oktober –april  di mesopotamia terjadi air bah dari kedu sungai itu.Air menggenangi daerah- daerah di sepanjang aliran sungai itu dan kalau surut akan meninggalkan lumpur yang sangat subur,salah satu masalah utama bagi kerajaan-kerajaan yang menguasai mesopotamiaadalah bagaimana cara memanfaatakan banjir untuk pertanian ,caranya adalah membuat system pengiran yang baik.
4.Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
                                    a.Bidang arsitektur
Orang sumeria membangun kotanya menurut aturan kota yang terencana.Bnagunan didirikan menurut model dinamakan ziggurat
                                    b.Kemampuan mengolah logam
mereka membuat cermin, tongkat-tongkat,kapak dan perlengkapan senjata lainnya
                                    c.Bidang ilmu pengetahuan
-)Ashurbanipal,pemimpin assyira perpustakaan tertua di dunia
-)Taman gantung di bangu oleh bangsa khaldea semasa kerajaan babylonia



5.Aksara
Orang-orang sumeria sudah mengenal  abjad   yang berupa huruf paku .Huruf paku di temukan pada sebuah prasasti yang berisi tentang UU dan hokum
6.Penanggalan/Kalender
Orang-orang sumeria sudah mengenal system penanggalan yang dimaksudkan untuk mengenal perputaran waktu dan musim,untuk mempermudah memahami pengetahuan tentang perputaran waktu mereka mempersingkat waktu ke dalam jam,menit ,dan detik
7. Perekonomian
Kedudukan wilayah bangsa sumeria sangat strategis untuk perdagangan, karena terletak antara Laut tengah dan lembah sungai shindu yang telah ramai hubungan dagangnya.
8.aKerajaan bangsa sumeria di daerah Mesopotamia menghadapi erbagai bentuk rintangan alam, tetapi berhasil mengatasinya. Kekuasaan tertinggi dipegang oleh seorang pendeta raja yang disebut patesi.pada tahun 2500SM kerajaan sumeria berhasil dikalahkan oleh raja akkadia yang bernama raja sargon
8.bbangsa akkadia termasuk rumpun bangsa semit yang berasal dari padang pasir dibawah pimpinan sargon.
8.cbangsa amoria yang termasuk rumpun bangsa semit menguasai kerajaan babylonia lama. Pada mulanya mereka berkuasa di9daerah Syria. Raja Hammurabi merupakan raja yang terkenal, karena menyusun undang-undang yang kemudian dipahat di tiang batu
8.dDi bawah pimpinan cyrus berdiri kerajaan Persia berhail memperluas wilayah kekuasaannya dengan menaklukan babylonia baru dan daerah Asia kecil
9. kepercayaan
Bangsa sumeria memuja dewa-dewa yang menguasai alam seperti; dewa Anu (dewa langit) dewa enhil(dewa bumi) dewa ea(dewa air).ketiga dewa itu mwndapat pemujaan tertinggi dari bangsa sumeria.bangsa sumeria juga menyembah dewa sin(dewa bulan dewa) samas(dewa matahari) dewi perempuan istar(dewa perang dan asmara)
10. Peninggalan kebudayaan
Seni bangunan ;kota babylonia adalah sebuah kota yang indah yang terletak di tepi sunagi eufrat dan tigris.di beberapa tempat di dirikan taman-taman yang bagus dan indah di atas bukit-bukit buatan. Taman itu dikenal taman bergantung( The hanging garden)
D.PERADABAN LEMBAH SUNGAI NIL
Mesir merupakan satu-satunya pusat kebudayaan tertua di benua Afrika yang berasal dari tahun  4000 SM. Hal ini diketahui melaui penemuan sebuah batu tulis di daerah Rosetta oleh pasukan Perancis yang dipimpin Napoleon Bonoparte. Batu tulis itu berhasil dibaca oleh seorang Perancis yang bernama Jean Francois Champollion (1800) sehingga sejak tahun itu terbukalah tabir sejarah Mesir Kuno yang berasal dari tahun 4000 SM.
1.Letak Geografis
Daerah Mesir terletak di bagian utara benua Afrika. Di sebelah utara berbatasan dengan Laut Merah, di sebelah selatan berbatasan dengan  Sudan dan di sebelah barat berbatasan dengan Libya.
2.Seni Bangunan
Kira-kira pada tahun 3000 SM, raja-raja Mesir mulai membangun piramida-piramida.Piramida adalah kuburan raja-raja Mesir Kuno.Bangunan-bangunan lain yang ditemukan di Mesir adalah istana di Gizeh, Karnak-Luxor, dan Kuil Agung di Abu Sambel.
3.Pertanian dan Pengairan
Untuk meningakatkan produksi pertani-petani mesir mempunyai terusan-terusan dan mengalirkan air ke ladang-ladang.Merka juga membangun waduk-waduk tempat penyimpanan air.
4.Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Mereka sudah dapat mempelajari dan mengenal tata alam lingkungan tempat tinggalnya.

5.Tulisan
Abjad merupakan sumbangan masyarakat mesir yang tidak ternilai harganya bagi perkembangan ilmu pengetahuan.Tulisan mesir kuno dari jenishieroglyph yang merupakan gambar.Bentuk itu adalah yang tertua.Kemudian berkembang menjadi bentuk hieratis dan demotis, yang bentuknya lebih sederhana.     Bentuk hieratis digunakan oleh kaum pendeta, sedangkan demotis oleh rakyat.
6.Astronmi/Penanggalan
Pada tahun 2776 SM, mereka sudah mengenal penanggalan berdaarkan system peredaran matahari.Mereka membagi setahun menjadi 12 bulan dan setiap bulan terdiri dari 30 hari.Merka sudah pula mengenal adanya tahun kabisat.
7.Pemerintahan
Sistem pemerintahan Mesir berbentuk kerajaan yang diperintah oleh seorang raja dengan kekuasaan absolute atau mutlak.Para ahli membagi sejarah kerajaan Mesir menjadi tiga zaman sebagai berikut.
a.Zaman Kerajaan Mesir Tua
Raja-raja dari zaman Mesir Tua bertahta di Thinis.Raja-raja yang terkenal adalah Raja Chufu (Cheops), Chefren, dan Menkaure.
b.Zaman Kerajaan Mesir Pertengahan
Raja-raja nya adalah Firaun Sesostris, Firaun Amenemhet, Firaun Ahmosis, Firaun Thutmosis serta raja-raja penerus lainnya.
8.Kepercayaanwa
Masyarakat Mesir Kuno percaya dan memuja banyak dewa (polytheisme). Dewa-dewa yang dipuja bangsa Mesir diantaranya:
                                 Dewa Ostris sebagai dewa tertinggi.
                                             Dewa Thot (Dewa pengetahuan),
                                 Dewa Anubis (dewa berkepala anjing) sebagai dewa kematian.
                                             Dewa Apis berwujud sapi.
                                 Dewa Ra (Dewa Matahari) dan kemudian menjadi Dewa Amon-Ra (dewa Bulan Matahari.
9.Peninggalan Kebudayaan
a.Tulisan Hieroglyph
Huruf Hieroglyph digunakan terus menerus hingga sampai abad ke-5 sesudah masehi.
b.Piramida
Kira-kira tahun 3000 SM, Raja-raja Mesir mulai membangun piramida-piramida.Paramida yang paling besar adalah piramida Raja Chufu (Cheops) dengan tinggi mencapai 137 meter.
c.Ilmu Hitung
Penambahan-Pengurangan, Perkalian-Pembagian sampai pada rumus-rumus penghitungan. Misalnya rumus luas segitiga, segiempat,dan lingkaran.
d.Sphink
Sphink adalah patung seekor singa berkepala manusia yang didirikan didepan sebuah piramida.Sphink merupakan lambing kekuasan dan pemerintahan dari seorang raja mesir yang dimakamkan pada piramida itu.
e.Obeliks
Obeliks adalah sebuah tugu batu yang didirikan oleh masyarakat Mesir untuk memuja Dewa Amon-Ra (Bulan-Matahari).
f.Mummi
Mummi adalah mayat atau jenazah para raja atau bangsawan yang diawetkan.
g.Kota-kota Kuno di Mesir
Kota-kota kuno di Mesir sangat erat hubungannya dengan Kekuasaan raja-raja  Mesir Kuno. Kota-kota tersebut diantaranya:
                                 Kota Gizeh
                                             Kota Deir Bahri
                                 Kota Abu Simbel
                                             Kota Memphis dan Thebe

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar